Rayakan 50 Tahun AWD, Subaru Rilis Forester Edisi Spesial
News

Rayakan 50 Tahun AWD, Subaru Rilis Forester Edisi Spesial

Rayakan 50 Tahun AWD, Subaru Rilis Forester Edisi Spesial

Subaru sudah mengandalkan penggerak All-Wheel Drive (AWD) selama 50 tahun. Pertama kali digunakan pada 1972 oleh Leone Estate. Untuk merayakannya, dibuatlah edisi khusus Forester XT-Edition yang hanya dijual di pasar Jepang. Tampilannya diubah sedikit dan diberi fitur bertualang.

Edisi XT menggunakan trim Sport. Bodi dibalut kelir Geyser Blue yang pertama kali ditawarkan di Jepang. Warna itu sebelumnya sudah tersedia untuk pasar Amerika Utara. Konsumen bisa memilih warna lain bila tak menyukai biru. Semua dipadukan aksen gelap yang meliputi berbagai komponen seperti grille, spion, bumper, spoiler dan roof rail. Pelek alumunium 18 inci bergaya dinamis juga dihitamkan, melengkapi tampilan gagah.

Kabin tak jauh berbeda, dominan gelap. Menariknya, jok dibungkus material kain anti air dan kulit sintetis, berpadu kontras dengan jahitan perak. Sengaja diberikan fitur semacam itu agar pengguna bisa lebih leluasa bertualang. Termasuk ke tempat basah-basahan.

Dasbor dan konsol tengah dihias aksen gun metallic dengan pelat alumunium yang mencolok di tengah dekat tuas transmisi. Lampu kabin diganti jadi LED. Material anti air juga mencakup area kargo. Namun, jangan harap bisa menikmati musik menggunakan head unit, lantaran tak disediakan. Area itu diubah menjadi kompartemen kecil.

Meski melepaskan perangkat kenyamanan digital, setidaknya Subaru tetap memperhatikan keselamatan pengguna. Paket EyeSight Safety Plus ADAS mulai dari Adaptive Cruise Control, Lane Sway and Departure Warning, Lead Vehicle Start Alert, Lane Keep Assist, Pre-collision Braking System dan Pre-Collision Throttle Management tetap terpasang. Termasuk spion digital.

Jantung mekanis tetap sama, pakai peminum bensin empat silinder naturally aspirated berkapasitas 1.800 cc. Tenaga tertinggi dihasilkan mencapai 175 hp dan momen puntir 300 Nm. Seluruh energi dorong disalurkan ke empat roda melalui girboks Lineartronic CVT dan sistem Symmetrical AWD.

Forester Edisi XT sudah dijual di Jepang dengan banderol $25.419 atau Rp396 jutaan. Mereka menawarkan penambahan electric tailgate dengan biaya ekstra $417 setara Rp6,5 jutaan. Masih belum diketahui apakah edisi spesial 50 tahun bakal dijual di luar pasar Jepang. Forester sendiri saat ini merupakan generasi kelima yang debut 2018. Pada 2021 Subaru melakukan facelift. Soal generasi penerus tampaknya masih lama. Harapannya tentu turut diperkuat elektrifikasi, mengingat pabrikan otomotif dunia terus mengarah ke teknologi ramah lingkungan itu.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video

X